BUDAYA HIDUP SEHAT

BUDAYA HIDUP SEHAT

            Semua orang di dunia ini tentunya ingin hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun tidak sedikit dari mereka yang mengatakan bahwa menjalankan kehidupan yang sehat itu sangat sulit di era modern ini. Maka dari itu saya ingin mengajak para pembaca untuk mencoba beberapa tips yang di mana akan membantu kalian untuk mendapatkan kehidupan yang sehat antara lain:

1)      Menjaga pola makan dan minum

Dapat kita ketahui makanan dan minuman merupakan sumber energi bagi setiap manusia, kita dapat menjaga pola makan dan minum kita dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang  kadar lemaknya rendah, kadar gula rendah serta kaya akan vitamin dan mineral. Hindari makanan yang kaya akan kandungan lemak dan gula yang berlebihan karena hal tersebut dapat menyebabkan kondisi tubuh tidak stabil yang nantinya dapat memicu banyak penyakit.

2)       Olahraga teratur

Melakukan olahraga secara teratur merupakan suatu bagian dari budaya hidup sehat. Dengan melakukan olahraga secara teratur kita dapat meningkatkan imunitas tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit, selain itu olahraga juga dapat mengeluarkan zat-zat beracun dari tubuh kita sehingga tercipta tubuh yang sehat. Maka dari itu disarankan untuk melakukan olahraga minimal 1 kali seminggu untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

3)       Tidur dan istirahat yang cukup

Istirahat dan tidur  sering kali dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal istirahat dan tidur yang cukup merupakan bagian penting dalam budaya hidup sehat. Setiap manusia punya jam istirahat dan tidur yang beragam, biasanya jam tidur yang ideal adalah 8 jam sehari. Kurangnya waktu tidur dan istirahat dapat menyebabkan tubuh lebih cepat lelah dan metabolisme tubuh terganggu, tapi jangan salah loh tidur berlebihan juga tidak sehat bagi tubuh dikarenakan tidur berlebihan dapat menyebabkan tubuh anda lebih lelah dan lebih mudah terserang oleh berbagai macam penyakit. Maka dari itu usahakan tidur dan istirahat yang cukup sehingga kita dapat beraktivitas secara normal.

4)      Kurangi pemikiran negatif dan perbanyaklah pemikiran positif

Dapat kita ketahui pemikiran seseorang  sering kali mempengaruhi kehidupan mereka. Orang yang sering berpikiran negatif biasanya akan merasakan cemas, sedih dan memiliki emosi negatif yang berlebih yang menyebabkan mereka tidak bersemangat dan sering sakit-sakitan, sedangkan orang dengan pemikiran positif cenderung merasa bahagia dan sehat. Maka dari itu mari kita kurangi pemikiran negatif dan perbanyaklah pemikiran positif sehingga tercipta diri yang sehat dan bahagia.

 

Penulis : Kevin Rivaldo

Referensi: https://cashbac.com/blog/pola-hidup-sehat-ternyata-mudah-dilakukan/