Mata Minus

MATA MINUS

Written By: Hendrik Halim S.

            Apakah kalian tau bahwa kita sebagai seorang mahasiswa, mata itu sangat penting kita jaga. Kenapa? Karena Mata merupakan indera penglihatan yang dimiliki oleh manusia dan juga hewan, tanpa mata kita tidak dapat melihat hal ataupun benda yang ada disekitar kita. Mata juga dapat memiliki masalah, seperti mata minus dan silinder. Lalu kenapa hal tersebut dapat terjadi? Nah, disini kita akan membahas nya lebih lanjut, namun kita akan lebih fokus pada permasalahan mata minus. Sebelum jauh membahas penyebab nya, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu mata minus. Mata minus biasa dikenal dengan rabun jauh, atau kesulitan untuk melihat benda jarak jauh.

Lalu muncul pertanyaan, kenapa sih kita sebagai manusia bisa terkena mata minus?

  1. Terlalu lama berada pada dalam ruangan.

       Apa hubungan nya berada lama pada ruangan dengan mata minus? Perlu diketahui bahwa saat kita berada disebuah ruangan, baik kamar maupun ruangan dalam rumah, cahaya yang dihasilkan oleh lampu tidak seterang cahaya matahari yang berada diluar. Dimana pengaruh cahaya ini memaksa mata kita untuk membiasakan cahaya yang masuk pada mata saat kita keluar ruangan tersebut.

  1. Kebiasaan membaca buku dengan cahaya yang minim.

       Saat kita membaca buku majalah ataupun komik, disaat kita hanya menggunakan lampu baca saja, akan sangat memperburuk kesehatan mata. Kenapa hal tersebut terjadi? Saat melihat sesuatu di cahaya minim, tentunya kita akan memaksakan mata kita untuk melihat nya dengan jelas, disaat ini lah mata kita akan kelelahan dipaksa melihat sesuatu pada cahaya minim tersebut.

  1. Terlalu lama melihat monitor.

       Sebagai seorang mahasiswa, tentu nya tidak bisa lepas dengan gadget ataupun layar komputer / laptop. Dengan adanya gadget / laptop akan sangat membantu kita dalam menyelesaikan tugas, namun berdampak buruk bagi mata kita. Dimana mata kita akan bekerja keras untuk menangkap semua cahaya terang yang berasal dari gadget maupun layar monitor kita. Dalam jangka waktu yang lama kita melihat layar monitor, akan melemahkan syaraf-syaraf otot mata kita dan membuat mata kita akan menjadi minus.

            Apakah ada cara untuk menjaga kesehatan mata kita dari permasalahan minus ini? Tentunya ada, namun tidak dapat 100% menghilangkan mata minus. Kita dapat mencegah mata minus dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, menggunakan kacamata hitam yang dapat menahan sinar UV, dan mengistirahatkan mata secara teratur.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Mata

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/gangguan-mata-dan-penglihatan/penyebab-mata-minus-tanpa-sadar/

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3358294/5-penyebab-mata-minus-bertambah-parah-dan-solusinya

https://www.alodokter.com/mengenal-lebih-jauh-tentang-mata-minus