Tips and Trick Bermain Teater

TIPS AND TRICK BERMAIN TEATER

Written By: Jonatha Wirawan

                Nah sebelumnya udah tau belum seni teater itu apa, hehe? Teater itu adalah seni pertunjukan drama yang dipentaskan diatas panggung, yang penampilannya sendiri menampilkan pertunjukan seni drama manusia yang dipadukan dengan gerak, tari, dan nyanyian dengan dialog dan acting para pemainnya.

              Berikut ini kami akan memberikan tips dalam bermain teater baik untuk pemula maupun yang sedang dalam pembelajaran nih.

  1. Teknik olah tubuh

Pemain teater juga membutuhkan stamina dalam memerankan suatu lakon dalam teater, karena biasanya pementasan dilakukan dalam waktu yang lama, dan bisa dilakukan dengan cara memutar kepala, melemaskan otot tangan, menggerakan kaki dengan cara tidur telentang, dan semacamnya. Wah kaya pemanasan aja ya hehe.

  1. Teknik olah pikiran

Selain menjaga tubuh, tentunya kita juga perlu menjaga pikiran agar bisa mendalami suatu peran saat pementasan nih, dan cara ini bisa dilakukan dengan cara pemusatan pada emosi, dan rasa (senang,sedih, kagum, dan lainnya).

  1. Teknik olah suara

Suara untuk bermain teater adalah seperti micin untuk mie instant, seorang pemain teater harus sanggup dalam berolah suara agar tutur kata yang dilontarkan terdengar jelas kepada penonton, dan bisa dilatuh dengan pernapasan yang baik, penguasaan artikulasi yang baik, diksi intonasi yang jelas, dan melatuh suara dalam posisi duduk, berdiri, bergerak, dan lainnya.

  1. Silentium

Apanih kok namanya ribet gini ya? Nah Silentium itu adalah makna keheningan dimana para pemainnya berdiam satu sama lainnya untuk memusatkan pikiran penuh dalam mendalami peran saat pementasan.

  1. Research

Tentunya tidak hanya tugas sekolah saja yang perlu research, dalam menjalakan suatu peran kita memerlukan informasi tentang latar tokoh yang akan kita mainkan seperti latar tempat, bahasa, pakaian, bahkan sampai alas an mengapa kita memainkan karakter itu seperti itu.

Nah gimana informasi dari kami? Semoga anda terbantu dengan membaca tips and trick bermain teater yang kita berikan, atau mungkin anda sudah tau semua? Yang  manapun jawaban anda, kami ucapkan terima kasih sudah membaca, sampai jumpa dilain waktu.

 

Source :

http://liananuraidah.blogspot.com/2016/08/tips-dan-trik-bermain-teater.html

https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/pengertian-seni-teater