Cokelat Bagi Kesehatan

COKELAT BAGI KESEHATAN

Written By : Raynaldo Thendyliputra

                Cokelat adalah bahan makanan yang dibuat dari biji kakao, kemudian cokelat akan digunakan untuk membuat minuman ataupun makanan seperti kue, es coklat dan lain sebagainya. Selain memiliki rasa yang enak, dalam cokelat juga terkandung beberapa zat gizi makro dan zat gizi mikro. Zat gizi makro yang ada di dalam kandungan cokelat yaitu protein, lemak, dan karbohidrat sebagai energi. Sedangkan zat gizi mikro yaitu mineral dan vitamin.

                Namun dari berbagai jenis cokelat, ternyata dark chocolate memiliki manfaat paling banyak karena dalam penelitian juga telah membuktikan bahwa mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah sedang, termasuk kandungan antioksidannya, dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Semua berkat kandungan flavonoid yang hadir di dalamnya membuat pembuluh darah lebih elastis. Hal ini akan membuat tekanan darah manusia tetap dalam batas normal. Berikut beberapa manfaat lain dalam mengonsumsi dark chocolatebagi kesehatan:

  1. Memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi

Kandungan antioksidan polifenol, flavanol, dan katekin yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan penuaan dini. Tubuh bisa terpapar radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti radiasi sinar matahari, radiasi ozon, asap rokok dan kendaraan, polusi udara, bahan kimia industri, hingga makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Radikal bebas dapat menyebabkan mutasi DNA sehingga memicu berbagai penyakit.

  1. Mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol

Adanya kandungan flavanoid dapat menghindari pembentukan plak sehingga mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah. Antioksidan ini juga membantu untuk menonaktifkan radikal bebas dalam darah yang membantu untuk menjaga keseimbangan tingkat kolesterol dalam tubuh dan mengurangi sintesisnya LDL. Bahkan, flavonoid juga mampu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) yang dapat melindungi jantung.

  1. Meningkatkan produksi hormon insulin

Hormon insulin adalah hormon yang dihasilkan atau dibuat dari pankeras, hormone insulin ini berperan melindungi kandungan gula darah tubuh tetap seimbang agar tidak terlampau tinggi ataupun rendah, hingga membantu menghindari terkenanya kemungkinan diabetes. Hal semacam ini ditunjukkan oleh beberapa peneliti di Italia yang melakukan percobaan mengonsumsi 3 ons coklat yang tidak memiliki kandungan phytochemical dapat dibuktikan tingkatkan hormone insulin pada tubuh.

  1. Membantu meningkatkan daya kerja otak

Bila pekerjaan sedang banyak dan dituntut terus-terusan untuk memeras otak hingga seringkali otak akan kelehan serta menurunnya intelijen karena otak sudah kelelahan. Meminum atau mengonsumsi coklat dapat di jadikan pilihan sebagai camilan atau minuman diselang jam kerja anda untuk meningkatkan kerja otak yang sebelumnya kelelahan, karena coklat juga salah satu makanan yang diperlukan untuk memberikan nutrisi otak.

  1. Membantu melembabkan kulit

Dalam dark chocolate mengandung banyak nutrisi yaitu kalsium, Zat besi, serta vitamin A, C, B1, D, serta E. Jika secara rutin memanfaatkan masker cokelat hitam, nutrisi pada coklat dapat melindungi kulit lebih lembap serta mengangkat beberapa sel kulit mati. Sebab vitamin E memiliki manfaat sangat perlu untuk kesehatan kulit, yakni dengan merawat, memberi kelembaban serta elastisitas kulit, menghalangi proses penuaan dini, dan mempersingkat proses penyembuhan luka.

Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/manfaat-dark-chocolate/

https://seruni.id/manfaat-cokelat/#

https://www.brilio.net/life/5-alasan-sehat-kenapa-kamu-perlu-mengonsumsi-dark-chocolate-150507q.html#