4 Kebiasaan yang Berbahaya Bagi Tubuh

4 KEBIASAAN YANG BERBAHAYA BAGI TUBUH

Written By: Varianto Harrys

            Dalam menjaga kesehatan tubuh, sebagian orang akan melakukan sederet cara untuk mewujudkannya. Mulai dari mengonsumsi pil vitamin, sampai dengan memakai hand-sanitizer, ternyata hal-hal tersebut memiliki dampak yang buruk bagi tubuh, yuk mari kita telusuri lebih lanjut mengenai beberapa hal yang buruk bagi tubuh.

  1. Mengonsumsi Pil Vitamin

Bagi sebagian orang, meminum pil penambah protein merupakan salah satu cara untuk memelihara kesehatan. Namun, kebiasaan ini dapat memicu beragam masalah kesehatan. Pil penambah protein yang tidak berlisensi mengandung gula buatan, logam berat dan zat kimia yang dapat menghambat sistem hormonal, peradangan organ tubuh, dan memperberat kerja ginjal.

  1. Penggunaan Hand-Sanitizer

Selama ini kita mengira bahwa hand-sanitizer adalah hal yang baik untuk menjaga kebersihan tangan, ternyata hal ini tidak selalu baik, karena hand sanitizer terbuat dari zat kimia yang salah satunya adalah alcohol. Setelah membersihkan tangan maka zat ini akan menempel di tangan dan kita memakan menggunakan tangan tersebut sehingga makanan yang kita makan terkontaminasi oleh zat kimia itu dan masuk ke dalam tubuh.

  1. Menahan Bersin

Kita sering berusaha untuk menahan bersin terutama ketika berada di tempat umum, padahal hal ini dapat menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terganggu dan membuat pembuluh darah jaringan saraf menjadi mengencang yang dapat mengakibatkan sakit kepala, kerusakan jaringan otak, dan masalah pendengaran.

  1. Menggunakan Parfum

Ternyata parfum jika terlalu sering digunakan juga berdampak buruk bagi kesehatan, hal ini disebabkan karena parfum dibuat dengan mengunakan zat sintetis, jika terlalu sering digunakan maka dapat mengakibatkan mual, pusing, ngantuk, selain itu juga dapat menyebabkan iritasi mata, tenggorokan, dan kulit.

 

Referensi: https://travel.tribunnews.com/amp/2018/11/28/7-kebiasaan-yang-ternyata-berbahaya-bagi-kesehatan-tubuh-termasuk-minum-jus-segar?page=2&_ga=2.240905667.1523679476.1559819667-577588200.1551840107 (Tribun, n.d.)