Pertolongan Pertama pada Korban Kecelakaan

Wannie Tania

            Halo teman-teman se-Dhamma! Dalam kehidupan sehari-hari, ada kalanya kita bertemu dengan kejadian yang tidak terduga; seperti misalnya kecelakaan. Kecelakaan merupakan suatu hal yang tidak pasti, namun dapat berakibat fatal jika korban terlambat ditangani ataupun mendapatkan tindakan pertolongan yang salah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara-cara dalam melakukan pertolongan pertama yang baik dan benar pada korban kecelakaan!

1.     Amati dan Waspadai Kondisi Lingkungan Sekitar Korban

       Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengamati lingkungan sekitar korban kecelakaan. Pastikan korban tidak dikerumuni agar mendapatkan kenyamanan dan oksigen yang cukup untuk bernafas. Selain itu, dengan mengamati lingkungan sekitar, kita juga dapat mengetahui penyebab kecelakaan sehingga kita bisa tahu langkah apa yang perlu dilakukan sebagai pertolongan pertama.

2.     Periksa Tingkat Kesadaran Korban

       Beberapa korban kecelakaan bisa saja mengalami kondisi hilang kesadaran. Maka dari itu, penting untuk melakukan pengecekan tingkat kesadaran korban dengan cara seperti menepuk pundak atau memberikan wewangian untuk menyadarkan korban.

3.     Periksa Pernapasan dan Kondisi Luka Korban

       Langkah berikutnya adalah memeriksa jalan napas dan pernapasan korban. Pernapasan merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita perhatikan. Tindakan tersebut dapat dilakukan dengan cara mendekatkan jari ke lubang hidung korban untuk memeriksa apakah korban masih bernapas atau tidak. Kemudian, periksa juga apakah korban memiliki perdarahan dan bagaimana kondisi luka korban. Jika menemukan luka pada korban, segera obati luka tersebut agar tidak mengalami pendarahan berat yang dapat memperparah kondisi korban. Namun, ingat juga bahwa penanganan luka harus dilakukan sesuai dengan jenisnya.

4.     Lakukan Kompresi Dada untuk Memberikan Bantuan Pernapasan

       Saat korban dalam kondisi tidak sadar, salah satu langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan kompresi dada. Hal ini bertujuan untuk membantu pernapasan korban kecelakaan. Cara melakukannya adalah dengan meletakkan salah satu tumit tangan di tengah dada korban, sembari meletakkan tumit satunya dengan kondisi jari-jari tangan mengunci. Lalu, tekan dada menggunakan tumit dengan kedalaman 4 hingga 5 centimeter. Jika tidak ada tanda yang lebih baik, segera bawa korban ke instalasi gawat darurat rumah sakit terdekat agar korban mendapatkan penanganan yang lebih baik.

5.     Hubungi Bantuan Medis

       Salah satu langkah terpenting lainnya adalah dengan melakukan panggilan telepon ke nomor 112 atau nomor layanan gawat darurat di rumah sakit terdekat saat menemukan orang yang terluka dan membutuhkan perawatan medis darurat. Jika tidak bisa, segera beri tahu orang terdekat untuk melakukan panggilan telepon tersebut. Setelah itu, ceritakan kronologi singkat, kondisi korban, dan lokasi tempat kejadian secara detail.

 

Nah, teman-teman sudah tahu beberapa cara dalam melakukan pertolongan pertama yang baik dan benar pada korban kecelakaan. Selain membantu korban kecelakaan, pastikan juga keselamatan diri dan orang di sekitar ya!

            Apakah kamu merasa tertarik dengan artikel informatif seperti ini? Jangan lupa ya untuk mengecek artikel kami yang lainnya di website KMBD.