Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

MANFAAT MEDITASI UNTUK KESEHATAN

Written by : Tommy Lim

            Apakah kalian sudah mengetahui apa itu meditasi ? Jika kalian sering mengikuti Chanting, Buddhist Education Class, Dhamma Class, bahkan kebaktian di hari Minggu di Vihara atau kelenteng, pastinya sudah sering melakukan meditasi setelah membaca Paritta Suci. Jadi, Meditasi itu adalah bagian dari Samma Samadhi yang berpusat kepada fokus atau konsentrasi benar pada suatu objek tertentu yang dapat melibatkan melepaskan pikiran yang dapat membebani pikiran kehidupan kita sehari- hari dan juga dapat merorientasikan untuk semua makhluk hidup berbahagia.

            Meditasi dapat dilakukan dalam kurun waktu 3 – 5 menit dalam melakukan meditasi sejenak pada saat melakukan kebaktian di vihara, maupun kegiatan UKM seperti KMBD. Meditasi ini dilakukan dengan cara relaksasi, penjamkan mata, dan kosongkan pikiran serta fokus kepada suatu objek tertentu. Kemudian tarik napas dan hembuskan, ini dapat memulai meditasi dengan baik dan benar.

            Berikut ini berbagai macam manfaat dari melakukan meditasi bagi kesehatan adalah:

      1. Dapat Mengurangi Stress / Depresi

Di dunia ini banyak orang yang mengalami stress / depresi karena pendidikan, pekerjaan yang banyak dan sulit terkendali sehingga dapat membuat orang tersebut memiliki banyak pemikiran masalah yang sulit untuk diselesaikan sehingga dipikirkan terus menjadi stress. Stress maupun depresi seseorang bisa hilang dengan cara melakukan meditasi. Justru meditasi ini sangat bagus untuk menghilangkan atau melenyapkan stress dan depresi seseorang karena meditasi itu dapat melatih fokus pemikiran terhadap pandangan yang jernih dan memiliki kondisi yang tenang sehingga dapat meringankan pemikiran seseorang menjadi lebih tenang dan santai.

 

      1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Masalah seseorang terhadap tekanan darah (Hipertensi) seperti contohnya stroke itu dapat di alami oleh beberapa orang. Biasanya untuk menurunkan tekanan darah itu harus dibutuhkan olahraga yang cukup, istirahat yang cukup baik dan benar. Dengan melakukan meditasi, kita dapat mengurangi tekanan darah seseorang yang terjadi karena susah tidur, kekhawatiran yang berlebihan,, maka dilakukan meditasi sekitar 10 menit akan membuat peredaran darah akan berjalan dengan lancar dan mengurangi tekanan darah dalam tubuh seseorang.

 

      1. Memperkuat Daya Ingat

Penurunan daya ingat seseorang bukan terjadi pada orang tua lanjut usia saja, akan tetapi dapat dialami oleh orang usia muda. Penyebab seseorang yang usia muda mengalami penurunan daya ingat itu karena terlalu sering meminum – minuman alkohol yang dapat memabukkan yang berdasarkan pancasila Buddhis sila ke -5 yaitu Surameraya majjapamadatthana veramani sikkhapadam samadiyami yang memiliki arti aku bertekad melatih diri menghindari meminum – minuman memabukkan hasil penyulingan yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran . dengan melakukan meditasi, maka akan dapat memperkuat daya ingat seseorang karena dalam meditasi itu dapat melatih kesadaran seseorang yang memberikan frekuensi gelombang otak seseorang bisa berjalan dengan baik.

 

      1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika terdapat seseorang yang mengalami penyakit maupun infeksi di dalam tubuh, maka meditasi itu akan membantu menangkal penyakit maupun infeksi yang di derita oleh seseorang itu dan dapat meningkatkan antibodi dari sistem kekebalan tubuh itu sendiri yang terjadi untuk orang yang rutin dalam melakukan meditasi , juga dapat membuat tubuh seseorang menjadi lebih sehat dan terhidnar dari penyakit maupun infeksi yang dialami atau diderita oleh seseorang.

 

      1. Mengurangi Kecemasan dan Kekhawatiran

Selain mengalami stress, ada juga beberapa orang yang mengalami kecemasan, kekhawatiran , dan gelisah yang berlebihan akibat sulit untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Untuk mengurangi masalah tersebut, maka kita dapat melakukan meditasi. Karena meditasi ini dapat membantu seseorang untuk mampu mengendalikan rasa cemas, kekhawatiran dan gelisahnya yang sudah datang dan dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang dan tenteram.

 

Referensi :

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/19/060600520/8-manfaat-meditasi-untuk-kesehatan-mental-dan-fisik

https://web-carasehat.blogspot.com/2017/10/20-manfaat-meditasi-bagi-kesehatan.html?m=1

http://m.merdeka.com/amp/sehat/7-keuntungan-meditasi-setiap-hari.html

https://journal.sociolla.com/lifestyle/manfaat-meditasi-untuk-kesehatan/amp/

http://cewekbanget.grid.id/amp/06877097/5-manfaat-yang-kita-dapatkan-dari-meditasi-untuk-kesehatan-mental