Mengapa Keindahan Penting dalam Kehidupan

Written By: Alicia Pauline
Warna langit biru muda yang dihiasi dengan awan yang terlihat seperti kapas berkumpul untuk menemani langit yang kosong. Sinar matahari yang menyihir segala sesuatu menjadi seolah bersinar. Ditambah lagi dengan pohon yang memiliki warna kontras dengan dedaunan yang beterbangan berpadu sangat cocok menciptakan suatu lukisan yang indah. Apa yang kamu rasakan jika memandang pemandangan seperti ini?

Kita semua pernah tenggelam dalam perasaan saat memandang keindahan sesuatu atau seseorang begitu dalamnya bahkan sampai kita sendiri tak menyadarinya. Pernahkah terlintas di pikiranmu, mengapa kita rela mendaki gunung berhari-hari hanya untuk melihat pemandangan langit dari atas gunung? Mengapa kita rela pergi ke pantai pada waktu tertentu hanya untuk berdiri diam melihat matahari terbenam? Mengapa kita rela membayar uang ekstra hanya untuk mendapatkan ruangan dengan jendela yang menghadap ke Menara Eiffel? Alasannya adalah sebab keindahan seperti ini mampu mengajak kita untuk kabur sementara dari kehidupan sehari-hari kita. Ya, kita semua membutuhkan keindahan dalam kehidupan kita. Keindahan bukanlah sesuatu yang nyata, melainkan suatu perasaan yang menyenangkan. Oleh sebab itu, definisi indah bagi tiap orang berbeda-beda. Mungkin, sebagian orang akan lebih memilih untuk menikmati pemandangan bunga yang sedang menari ditiup oleh angin sepoi-sepoi. Namun, ada juga orang yang akan lebih menikmati pemandangan rintik-rintik hujan dari jendela cafe.

Namun, mengapa kita memerlukan keindahan dalam kehidupan kita? Apakah hanya sebatas untuk pelarian sementara dari kehidupan sehari-hari? Tentunya kekuatan dari keindahan lebih dari itu. Memandang sesuatu yang indah dapat membuat kita merasa bahagia. Bahagia dapat membantu untuk membuat kita menjadi sehat. Dengan kata lain, keindahan dapat membuat kita menjadi sehat secara mental maupun fisik. Saya selalu memandang keindahan langit setiap hari karena dengan begitu, saya akan merasa lebih bahagia dan penuh semangat untuk menjalankan hari-hari. Keindahan juga mampu membuahkan aspirasi dan inspirasi baru yang kemudian dapat menjadi motivasi dan dorongan untuk mencapai impian kita.

Mulai dari sekarang, akan sangat baik apabila kita lebih menyadari akan pentingnya peran dari keindahan dalam kehidupan kita. Hargailah keindahan tersebut karena hidup itu tidak pernah membosankan. Keluarlah dari rumahmu, nikmatilah keindahan alam, rasakanlah angin yang sepoi, dengarkanlah suara deburan ombak, sentuhlah pasir, dan kamu akan menyadari bahwa hidup ini tidak pernah membosankan. Kamu hanya belum menyadari pentingnya keindahan dalam kehidupanmu. Maka dari itu, sudahkah kamu meluangkan waktu sejenak untuk menghargai keindahan alam hari ini?

Referensi:

https://www.nytimes.com/interactive/2019/12/07/opinion/andre-aciman-why-is-beauty-important.html