Menyambut Hari Kemerdekaan Dari Rumah

Written By: Monika Felicia

Hari kemerdekaan dikenal sebagai hari di mana para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan untuk bangsa Indonesia. Hari kemerdekaan Indonesia tersebut jatuh pada tanggal 17 Agustus di setiap tahunnya. Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, kita wajib untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Di hari kemerdekaan Indonesia, rakyat Indonesia selalu mengadakan perlombaan seperti balap karung, panjat pinang, lomba kelereng, dan masih banyak lagi. Perlombaan-perlombaan tersebut tentu memiliki memiliki nilai yang dapat diambil terutama yang berkaitan dengan perjuangan seperti yang dilakukan para pahlawan kita sebelumnya. Nilai-nilai tersebut antara lain adalah kerja sama, jiwa berkompetisi, pantang menyerah, hingga akal-akal yang digunakan untuk memenangkan perlombaan tersebut. Peringatan kemerdekaan ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air serta semangat nasionalisme pada rakyat Indonesia.

Namun, dewasa ini, bumi kita sedang mengalami kondisi yang tidak baik. Bumi kita sedang dilanda pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sekitar satu tahun lamanya. Hal ini membuat aktivitas dan kegiatan masyarakat Indonesia menjadi terbatas dan bahkan dibatasi karena kasus penularan yang terus bertambah. Hal ini tentu berdampak pada perayaan 17 Agustus yang sudah semakin dekat. Perayaan hari kemerdekaan tahun ini tentu berbeda di mana kita tidak akan lagi melihat adanya jalan yang di tutup untuk mengadakan perlombaan dan semacamnya. Maka dari itu perayaan 17 Agustus tahun ini harus diwarnai dengan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dari rumah masing-masing. Seperti contohnya dengan mengadakan kuis online yang disiarkan langsung melalui televisi, lomba fotografi, lomba menulis artikel, lomba desain poster dengan tema kemerdekaan, hingga lomba videografi yang dapat dikumpulkan pada satu surel penyelenggara untuk kemudian dapat dinilai. Semua perlombaan tersebut dapat dilakukan melalui rumah masing-masing sehingga tidak memungkinkan untuk virus Covid-19 dapat menyebar selama perayaan hari kemerdekaan.

Namun, jika ada kalangan masyarakat yang tidak ingin mengikuti perlombaan tersebut dan ingin merasakan permainan yang memiliki kaitan dengan perlombaan yang biasa diselenggarakan, maka dapat dengan mengunduh game yang sudah dipublikasikan. Game tersebut contohnya adalah “17an”. Dalam aplikasi game tersebut disediakan beberapa permainan seperti lomba bakiak hingga tangkap belut. Game yang selanjutnya adalah “Lompat Karung”. Seperti judulnya, permainan ini meminta pemain untuk memenangkan lomba balap karung hingga ke garis finish. Game lainnya yang dapat dimainkan adalah “Classroom Tug War”. Game ini mengharuskan pemain untuk memenangkan perlombaan tarik tambang yang dilatarkan disebuah ruang kelas.

Dari beberapa perlombaan dan permainan diatas, diharapkan suasana kemerdekaan tetap terasa ditengah pandemi yang terus berlangsung ini. Semua kegiatan ini dilakukan secara online tentunya untuk mengurangi kasus penularan Covid-19 dan juga untuk tetap dapat memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Semua orang tentu berharap agar pandemi ini segera berlalu agar masyarakat dapat beraktivitas layaknya normal kembali. Masyarakat tentu ingin merasakan perlombaan 17 Agustus tanpa harus dilakukan melalui daring. Maka dari itu kami semua mengharapkan setiap masyarakat untuk tetap sadar dan patuh terhadap protokol kesehatan yang berlaku agar pandemi ini dapat segera berlalu.