Kopi, Si Minuman Hitam Banyak Manfaat

KOPI, SI MINUMAN HITAM BANYAK MANFAAT

Written By : Dandy

            Kopi merupakan minuman yang sangat sering kita jumpai di sekitar kita setiap harinya. Mulai dari kopi murni, kopi dengan tambahan seperti creamer atau susu, sampai kopi dengan rasa-rasa yang beragam. Kopi juga telah menjadi gaya hidup sebagian orang yang biasa kita sebut sebagai “Penikmat Kopi”. Meminum kopi juga dipercaya dapat meningkatkan produktivitas, sehingga kopi sangat digemari oleh masyarakat dunia.

            Namun tahukah kamu bahwa masih ada banyak manfaat kopi yang jarang diketahui orang banyak? Studi yang telah dilakukan oleh para peneliti dunia menyatakan bahwa masih banyak manfaat rahasia yang terkandung dalam secangkir kopi. Apa sajakah kelebihan-kelebihan tersebut? Berikut adalah adalah sekian manfaat rahasia kopi bagi tubuh manusia:

  1. Kopi dapat membuat anda lebih cerdas

Kopi memiliki senyawa yang sering kita sebut sebaga caffeine yang dalam praktek medis digunakan sebagai senyawa stimulan. Setelah meminum kopi, maka kandungan caffeinedalam kopi akan diserap oleh darah dan diteruskan ke otak. Pada bagian otak, caffeine tersebut akan membangunkan neuron-neuron sehingga otak dapat bekerja lebih maksimal ketika kita meminum kopi

  1. Kopi dapat membantu membakar lemak

Beberapa studi mengemukakan bahwa senyawa caffeine juga mampu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sebesar 3-11%. Sehingga penikmat kopi dapat meningkatkan pembakaran kalori yang dalam tahap tertentu dapat membakar lemak sehingga bisa menurunkan berat badan.

  1. Kopi mengandung nutrisi esensial

Selain mengandung senyawa caffeine, kopi juga mengandung banyak nutrisi pendukung tubuh. Dalam setiap cangkir kopi, terdapat vitamin B kompleks, potassium, dan mangan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat di seluruh dunia. Penyakit ini ditandai oleh meningkatnya gula darah karena kurangnya produksi insulin dalam tubuh. Beberapa studi menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi kopi setiap harinya dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 7%.

  1. Kopi sebagai anti kanker

Kanker merupakan salah satu kelainan dalam tubuh yang berpotensi sangat tinggi menyebabkan si penderita meninggal dunia. Pertumbuhan sel kanker dalam tubuh ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat antikanker. Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki zat antikanker untuk hati dan usus. Studi menyatakan bahwa penikmat kopi dapat mengurangi resiko terkena kanker sebesar 40%

 

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/top-13-evidence-based-health-benefits-of-coffee#section5